Header Ads

Masa Depan Adalah Kami

Sejarah KIM

SEJARAH KIM KAMBOJA
KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Kamboja merupakan KIM yang dimiliki oleh masyarakat Desa Ladden kec./kab. Pamekasan Madura.
KIM ini didirikan atas dasar inisiatif masyarakat Kelurahan Ladden yang bertujuan untuk memberikan seluas-luasnya informasi kepada seluruh lapisan masyarakat baik dalam maupun luar desa.
KIM Kamboja Desa Ladden berdiri pada tanggal 02 Agustus 2004 atas dasar keinginan masyarakat Kelurahan Ladden yang dibina langsung oleh Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Pamekasan.
Akan tetapi pada tahun 2009 sempat vacuum selama kurang lebih 4 tahun karena berbagai macam hal internal maupun eksternal. Di tahun 2014, KIM Kamboja yang dimotori anak muda Laden, mulai menggeliat kembali dengan kepengurusan dan semangat baru untuk memajukan desanya.
Pada awalnya KIM Kamboja menjadi wadah bagi UKM (Usaha Kecil Mengengah) dan mempunyai beberapa produk makanan dan kerajinan yang ditelurkan demi membiayai keberlangsungan KIM itu sendiri, mulai dari biaya operasional, komsumsi dan biaya penyebaran informasi seperti leaflet, bulletin dll.
Sebelum tahun 2015, KIM semakin kehilangan ruh nya yang visi awalnya adalah sebagai wahana informasi masyarakat pedesaan, menjelma menjadi UKM-UKM yang lebih menonjolkan dan memproduksi Produk khas daerah masing-masing. Sehingga dipertengahan tahun 2015 ada gerakan “KIM kembali ke Khittoh” yakni monomer satukan penyebaran informasi, dan ICT (Information and technology).
Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ini diberi nama KIM "Kamboja" diharapkan mampu mengharumkan masyarakat Kelurahan Laden dalam hal penyebaran informasi yang tajam, actual dan terpercaya pada masyarakat laden, pamekasan dan masyarakat international pada umumnya.

KEGIATAN YANG DILAKUKAN
  1. Penyebaran informasi ke masyarakat desa laden, melalui berbagai media; kerjasama dengan radio pemerintah (RALITA FM) dan radio komunitas mahasiswa (Be-MFM). 
  2. Membantu mempromosikan ke khasan masyarakat desa laden, mulai dari makanan sampai kegiatan yang akan dilakukan oleh desa. 
  3. Pusat informasi masyarakat yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja : WWW.KIM-KAMBOJA.BLOGSPOT.COM
  4. Melakukan berbagai macam penyuluhan dan pelatihan bagi masyarakat yang berhubungan dengan dunia maya. Media social dan web server.
  5. Pelatihan Windows bagi masyarakat sekitar
  6. Diklat jurnalistik untuk anggota KIM Kamboja
  7. Mengadakan Web Marketing dan bisnis online kepada anak muda Laden
  8. Pembentukan perpustakaan mini “KAMBOJA” yang didanai oleh iuran dan dari sumber yang tidak mengikat. 
  9. Mengikuti workshop TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
  10. Mengikuti Pameran produk KIM dan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)


Tidak ada komentar